Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Desain Taman Dalam Rumah Minimalis

Tak bisa dipungkiri lagi jika kehidupan sehari – hari dengan aktifitas yang padat dan lahan outdoor yang semakin minim seakan – akan menjadikan ritme masyarakat modern pun semakin penat. Sehingga sebagai alternatif relaksasi, tak heran pula apabila taman dalam rumah minimalis semakin digandrungi sebagian besar orang. Desain taman dalam rumah minimalis digandrungi tak hanya karena efek segar serta visual yang indah saja, melainkan juga dapat memberikan celah yang lebih produktif lagi seperti menanam makanan organik, bumbu dapur yang unik, hingga produksi sayuran yang bisa dikonsumsi. Nah, apabila Anda memang tertarik untuk menciptakan taman di dalam rumah minimalis Anda, berikut ini ada beberapa hal harus Anda perhatikan terlebih dulu. Yuk di simak!

tips desain taman minimalis dalam rumah

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Desain Taman Dalam Rumah Minimalis

  • Tentukan temperatur secara tepat

Meskipun tiap jenis tanaman yang ada di dalam desain taman dalam rumah minimalis ini mempunyai kebutuhan temperatur yang berbeda, tetapi pada kenyataannya rata – rata tumbuhan bisa tumbuh dengan subur pada suhu 18 – 23 derajat celcius. Anda bisa mulai ciptakan kisaran suhu tersebut, kemudian secara perlahan sesuaikan lagi dengan kebutuhan tanaman yang ada.

  • Perhatikan ukuran lahan yang digunakan

Memang tak ada patokan mutlak untuk ukuran tanaman di dalam rumah minimalis. Pada prinsip yang berlaku untuk buat taman di dalam rumah minimalis ini adalah dengan menyisakan ukuran yang bisa Anda peroleh tanpa harus korbankan fungsi ruang atau pun kenyamanan ruangan di rumah. Selain itu juga perlu untuk Anda ketahui bahwa dikarenakan desain taman dalam rumah minimalis ini sifatnya cukup dinamis, sehingga Anda juga bisa berkreasi dengan cara menciptakan sebuah taman dalam rumah bentuk taman vertikal atau gantung.

  • Siapkan pencahayaan yang cukup

Pada dasarnya cahaya matahari adalah salah satu hal yang tak akan pernah bisa dipisahkan dari tumbuh – tumbuhan, termasuk halnya untuk desain taman minimalis dalam rumah. Tanpa cahaya matahari, maka tanaman apapun tak akan bisa tumbuh kuat dan sehat. Jadi, ada baiknya Anda cari spot di dalam rumah yang masih bisa dicapai sinar matahari, meskipun sedikit.

  • Gunakan grow light

Ini adalah alat bantu pencahayaan khusus untuk taman indoor atau pun taman dalam rumah minimalis. Grow light sendiri bisa didapatkan dengan mudah dalam berbagai ukuran voltase yang nanti bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan taman di dalam rumah Anda. beberapa jenis lampu yang bisa digunakan pada taman minimalis di dalam rumah diantaranya florescent, compact florescent, HID, dan LED.

  • Perhatikan tingkatan kelembaban

Perlu Anda tahu juga bahwa salah satu tantangan desain taman minimalis dalam rumah adalah kurangnya kelembaban udara. Apabila kondisi udara cukup kering, maka bisa pastikan tanaman Anda akan tampak kecoklatan, meranggas, hingga akhirnya layu dan mati. Silakan atasi masalah tersebut dengan cara menyemprotkan air dengan botol spray agar tercipta titik air seperti embun di permukaan tanaman, atau Anda bisa menggunakan alat bantu humidifier.

  • Memperhatikan kondisi tanah di sekitar

Fokus terbesar pada desain taman dalam rumah minimalis adalah media tanah yang akan digunakan. Untuk mendapatkan hasil taman yang ideal, sangat disarankan sekali untuk memilih campuran tanah outdoor dan tanah khusus indoor gardening dengan kualitas bagus. Selain itu, tingkat kepadatan tanah dalam taman minimalis ini juga harus dijaga dengan baik. Tanah harus cukup padat, tapi gembur sehingga aliran air dapat berjalan dengan baik pada saat disiram.

Baca juga : Desain Taman Depan Rumah Pada Lahan Sempit

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam desain taman dalam rumah minimalis yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Desain Taman Dalam Rumah Minimalis | admin | 4.5